Di Balik Syuting DONG YI, 3 Hari Syuting Hanya untuk Adegan 6 Detik!




DONG Yi bisa dikatakan sebagai
penerus sukses drama sejarah di
Indosiar, setelah Queen Seon
Deok. Serial milik TV MBC yang
mengisahkan sepak terjang
Dong Yi, si pelayan istana yang
kelak menjadi istri raja, ini terus
memikat hati pemirsa.
Di bawah arahan Lee Byung
Hoon, para pemain seperti Han
Hyo Hoo, Ji Jin Hee, Bae Soo Bin,
Park Ha Sun, Jung Jin Young, Lee
Kwang Soo, juga Lee So Yeon
begitu kompak dan fasih
mendalami peran serta
perkembangan karakter
masingmasing. Banyak kisah
seru dan tak terlupakan yang
dialami pemain Dong Yi di lokasi
syuting serial sepanjang 60
episode ini.
Bae Soo Bin, 3 Hari di Atas
Tebing Demi Adegan 6 Detik
Syuting Dong Yi dimulai pada
awal 2010, yang berarti musim
dingin sedang berlangsung.
Karenanya, para pemain Dong Yi
berada di lokasi syuting dengan
kondisi suhu di bawah nol
derajat Celsius. Ini bukan situasi
yang nyaman. Bagi Bae Soo Bin,
kesulitan terbesarnya ketika
harus melakoni adegan jatuh
dari atas tebing.
“Di dalam drama adegan itu
hanya berjalan 5 atau 6 detik,
tapi kami harus mengulangulang
pengambilan gambar di tebing
demi mendapatkan gambar saya
jatuh ke dalam air, dan itu semua
dilakukan di Magic Studio di
Ilsan,” ungkap Bae Soo Bin yang
sebelumnya main di serial Briliant
Legacy bareng Han Hyo Joo.
“Karena kabutnya tak hilang
dalam dua hari, kami harus
mendaki dan syuting dengan
tambahan satu hari karena
tebingnya berada di puncak
gunung. Jadi butuh tiga hari
untuk mengambil adegan itu. Itu
adalah saat paling berkesan buat
saya. Bahkan ada adegan di
mana saya harus muncul di
dalam air setelah lenyap cukup
lama. Saya segera masuk ke air
setelah diperintah,‘Muncullah
dari tengah air.’ Tapi saya tahu
saya bisa melakukannya, karena
ketika memutuskan masuk ke
dalam karakter, saya
mengosongkan pikiran ketika
syuting,” lanjutnya.
Bae Soo Bin enggak lebay. Ji Jin
Hee membenarkan ucapan
rekannya.
“Cuacanya lebih dingin dari yang
saya bayangkan. Tapi saya masih
lebih baik ketimbang Cha Chun
Soo (tokoh yang diperankan Bae
Soo Bin), karena dia selalu berlari
di lapangan yang tertutup salju
dan jatuh ke salju. Saat membaca
skenarionya, ini benar-benar
mengerikan. Di episode
kedelapan di mana Chun Soo
muncul di tengah salju lagi, di
skenario tertulis,‘Chun Soo
diselamatkan dari air.’ Bae Soo
Bin berharap dia bisa berbaring
di pasir pantai, tapi penulis
skenarionya memintanya lompat
ke dalam air. Suatu kali dia harus
berada di atas tebing selama
beberapa jam karena
skenarionya mengatakan Chun
Soo harus‘melakukan sesuatu di
tebing’. Jadi, saya mendapat
bagian yang jauh lebih mudah
ketimbang dia,” kata Ji Jin Hee.
Ji Jin Hee Hampir Pingsan Saat
Melepas Kumis
Lain lagi cerita para pemain
wanita. Selain melawan hawa
dingin, mereka juga harus
mengenakan pakaian serta
makeup wajah dan rambut ala
Dinasti Joseon yang cukup rumit.
Park Ha Sun, si pemeran Ratu
Inhyeon, ditambah kewalahan
karena harus menjaga wajahnya
yang sensitif.
“Saya harus minum jus labu dan
jahe karena wajah saya mudah
bengkak. Itulah sebabnya
mengapa wajah saya
membengkak ketika harus
(beradegan) marah,” akunya.
Pengalaman tak menyenangkan
soal makeup juga dikenang Ji Jin
Hee. Berperan sebagai raja, ia
tampil lebih dewasa dengan
menggunakan kumis palsu. Tapi
selain mengakibatkan iritasi
kulit, Jin Hee kesulitan saat harus
memasang dan melepas kumis
palsunya.
“Ini menyebabkan banyak
masalah untuk kulit saya. Saya
juga tak bisa tidur banyak, jadi
lingkaran hitam di bawah mata
saya sangat buruk sehingga
harus memakai makeup yang
sangat tebal.
Saya berada pada situasi
menyedihkan. Tapi syukurlah,
ada seorang fan dari Jepang
yang mengirimkan produk
penghapus kumis palsu.
Biasanya saya sampai nyaris
pingsan saat melepasnya karena
saya menggunakan petroleum
(yang baunya menyengat), tapi
produk ini tidak berbau sama
sekali,” kata Ji Jin Hee.
Sebagai bintang utama, kesulitan
terbesar Han Hyo Joo tak hanya
pada pendalaman peran, tapi
juga beberapa hal teknis seperti
memainkan alat musik. Di serial
ini, Han Hyo Joo dituntut mampu
memainkan haegeum, salah satu
alat musik petik tradisional
Korea. Untuk menyiasatinya, Han
Hyo Joo tak segan-segan latihan
khusus dan minta bimbingan
dari sang sutradara.
“Saya tak mahir (bermain
haegeum) dan saya hanya
mempelajari dasarnya. Saat lagu
temanya ditulis, saya harus
berlatih memainkannya. Saya
juga mengambil kelas akting
dengan sutradara selama dua
bulan dan belajar banyak
darinya. Itu membuat saya bisa
mengatasi beberapa masalah
teknis dalam akting seperti
bagaimana caranya menaikkan
emosi dengan cepat,
mengimbangi lawan main,
vokalisasi, dan lain sebagainya.
Saya sangat berterima kasih
kepada sutradara untuk itu,”
ungkap Han Hyo Joo.
Keceriaan Jung Jin Young
Menghangatkan Suasana
Di balik semua kesulitan saat
syuting, pemain sangat
menikmati saat-saat di lokasi
syuting.“Jujur saja, bagian
tersulitnya adalah saat syuting itu
sendiri. Tapi tak ada yang lebih
menyenangkan ketimbang
berada di lokasi syuting. Saya
suka semuanya yang ada di
lokasi, kecuali syuting, hahaha,”
urai Jung Jin Young.
Tak heran Jun Jin Young berkata
demikian. Diakui Ji Jin Hee, Jun Jin
Young pencair suasana.“Jung Jin
Young benar-benar
penggembira di lokasi. Bahkan
meski tak ada adegan syuting,
dia tetap datang ke lokasi dan
mengobrol dengan orang-orang,
termasuk dengan staf properti
dan penata busana. Karena itu
tak ada satu hal pun yang dia tak
tahu. Dia tahu semua yang terjadi
di lokasi, seperti mengapa
naskahnya belum siap,” kata Ji
Jin Hee.
“Rasanya sangat nyaman di
lokasi syuting dan kami
menghabiskan waktu santai
sambil mengobrol,” imbuh Lee So
Yeon. “Biasanya saya tidur atau
menghafal dialog. Tapi sekarang
saya berusaha lebih dekat
dengan Lee Kwang Soo karena
sejak menonton High Kick 2, saya
sangat ingin berteman
dengannya,” ujar Park Ha Sun.
Hmm, senangnya lihat semua
pemain akur.

CREDIT :
tabloidbintang.com

Tinggalkan Balasan

